TUGAS SOFTSKILL ke-1
(PENGULANGAN)
Konseptual kreativitas
Kreatif adalah
kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan
maupun karya nyata, baik dalam bentuk karya baru maupun kombinasi dengan
hal-hal yang sudah ada, yang belum pernah ada sebelumnya dengan menekankan
kemampuan yaitu yang berkaitan dengan kemampuan untuk mengkombinasikan,
memecahkan atau menjawab masalah, dan cerminan kemampuan operasional anak
kreatif.
Definisi Operasional
Kreativitas
Kretivitas merupakan :
“Kemampuan yang mencerminkan kelancaran, keluwesan (fleksibilitas), dan
originalitas dalam berfikir, serta kemampuan untuk mengelaborasi
(mengembangkan, memperkayam memperinci) suatu gagasan”.
Definisi Kreativitas
menurut Clark (dalam Basuki, 2010) :
Clark berdasarkan hasil
berbagai penelitian tentang spesialisasi belahan otak,mengemukakan :
“Kretivitas merupakan ekspresi tertinggi keterbakatan dan sifatnya
terintegrasikan, yaitu sintesa dari semua fungsi dasar manusia yaitu :
berfikir, merasa, menginderakan dan intuisi (basic function of thingking,
feelings, sensing and intuiting)” (Jung 1961, Clark 1986).
a. Teori psikoanalisis : melihat kreativitas
sebagai hasil mengatasi suatu masalah , yang dimulai dimasa kanak-kanak.
Pribadi kreatif dianggap sebagai seseorang yang mempunyai pengalaman
traumatis,yang dihadapi dengan memungkinkan gagasan yang disadari dan yang
tidak disadari bercampur menjadi pemecahan inovatif dari trauma.
Teori Freud
Sigmund Freud
(1856-1939) tokoh yang menjelaskan proses kreatif dari mekanisme pertahanan,
yang merupakan upaya tak sadar untuk menghindari kesadaran mengenai ide yang
tidak menyenangkan atau yang tidak dapat diterima. Freud percaya bahwa
mekanisme sublimasi merupakan penyebab utama dari kreativitas . Kaitan antara
kebutuhan seksual yang tidak disadari dan kreativitas mulai pada tahun pertama
dari kehidupan. Menurut Freud orang hanya didorong untuk menjadi kreatif jika
mereka tidak dapat memenuhi kebutuhan seksual secara langsung.
· Teori Kris
Ernest Kris menekankan
bahwa mekanisme pertahanan regresi (beralih ke sebelumnya yang akan memberi
kepuasan, jika perilaku sekarang tidak berhasil atau tidak memberi kepuasan)
juga sering muncul dalam tindakan kreatif. Jika seseorang mampu untuk “regress”
ke kerangka berpikir , rintangan antara alam pikiran sadar dan tidak sadar
menjadi kurang, dan bahan yang yang tidak disadari yang sering mengandung benih
kreativitas dapat menembus kea lam kesadaran.
· Teori Jung
Carl jung percaya bahwa
ketidaksadaran memainkan peranan yang penting dalam kreativitas tingkst tinggi.
Yang mana alam pikiran yang tidak disadari dibentuk oleh masa lalu pribadi.
Dari ketidaksadaran kolektif timbul penemuan,teori, seni dan karya baru
lainnya.Proses ini yang menjadi lanjutan dari eksistensi manusia.
b. Teori Humanistik : melihat kreativitas
sebagai hasil dari kesehatan psikologis tingkat tinggi. Yang dapat berkembang
sepanjang hidup.
· Teori Maslow
Menurut maslow
pendukung utama dari humanistik, manusia mempunyai naluri dasar yang menjadi
nyata sebagai kebutuhan. Proses perwujudan diri menjadi erat berkaitan dengan
kreativitas.
· Teori Rogers
Menurut carl rogers
tiga kondisi dari pribadi yang kreatif adalah : Keterbukaan terhadap
pengalaman, kemampuan untuk menilai
situasi sesuai dengan patokan pribadi seseorang dan kemampuan untuk
bereksperimen , untuk bermain dengan konsep-konsep.
Teori Csikszentmihalyi
Menurut
Csikszentmihalyi faktor pertama yangg memudahkan munculnya kreativitas adalah
sifat keturunan bawaan (genetic predisposition) untuk ranah tertentu. Orang
yang pendengarannya tajam dan peka terhadap berbagai jenis suara lebih mudah
untuuk menjdai pemain musik atau pekerjaan yang berhubungan dengan suara. Orang
yang mempunyai kemampuan otot kuat dan mampu nerlari dalam jangka yang lama
mudah untuk menjadi pemain bola.
TULISAN 1
a.
Artikel produk kreatif yang sedang
booming serta tanggapannya
Tak bisa dipungkiri bahwa perkembangan
bisnis online semakin dilirik para pelaku usaha di Indonesia. Bahkan sekarang
ini tidak hanya para pemula saja yang tertarik menekuni bisnis online, namun
banyak juga pengusaha yang telah sukses menjalankan bisnisnya via offline, kini
mulai melirik pemasaran online untuk melebarkan sayap kesuksesannya.
Meningkatnya minat masyarakat dan
besarnya peluang pasar, menjadi salah satu alasan bagi para pelaku usaha untuk
beralih dari bisnis konvensional ke bisnis online. Hal ini tentunya tidak hanya
memberikan dampak positif bagi perkembangan bisnis di internet, namun juga
memicu persaingan pasar yang semakin ketat antar pelaku usaha. Karenanya, para
pemula maupun blogger yang telah lama menekuni bisnis di dunia maya, dituntut
untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan usahanya. Tanpa didukung
sebuah inovasi, bisa dipastikan bila konsumen akan cepat bosan dengan bisnis
online Anda dan memilih berpaling ke perusahaan lain.
Nah, untuk mencegah kemungkinan buruk
tersebut menimpa bisnis Anda. Berikut ini kami informasikan beberapa tips jitu
inovasi bisnis online yang perlu Anda lakukan untuk memenangkan persaingan
pasar.
1. Publikasikan setiap inovasi baru yang
Anda ciptakan.
Sebagai pelaku bisnis online, tentunya
Anda harus berperan aktif untuk mempublikasikan produk maupun pelayanan baru
yang Anda tawarkan. Dengan mempublikasikan inovasi baru yang Anda ciptakan,
maka konsumen lebih mudah mengingat inovasi tersebut dan memperbesar peluang
Anda untuk menarik minat konsumen. Contohnya saja seperti mengirimkan katalog
produk terbaru kepada para pelanggan, atau mencantumkan status “beta” pada
website Anda yang sedang disempurnakan (diperbaharui).
2. Ciptakan inovasi baru untuk
memanjakan para konsumen
Setiap konsumen pastinya akan senang
bila mendapatkan pelayanan prima dari para penjualnya. Karena itu, sebisa
mungkin lakukan inovasi baru untuk memanjakan para konsumen Anda. Misalnya saja
melayani konsumen dengan pendekatan personal, memenuhi kebutuhan konsumen
dengan akses yang cepat dan tepat, memberikan fasilitas forum online bagi
pelanggan untuk berkumpul dengan komunitasnya, serta masih banyak lagi
pelayanan online lainnya yang bisa Anda tawarkan kepada para pelanggan setia. 3.
Buatlah inovasi yang menarik minat konsumen
Usahakan inovasi yang Anda tawarkan bisa
memancing rasa penasaran calon konsumen. Ketika calon konsumen mulai penasaran
dengan produk atau jasa yang ditawarkan, maka selanjutnya mereka akan lebih
mudah tertarik dan akhirnya tidak ragu untuk mencoba inovasi tersebut. Anda
bisa menciptakan rasa penasaran konsumen melalui foto, video, maupun media
lainnya yang mempermudah para calon konsumen untuk mendapatkan informasi
lengkap mengenai produk ataupun jasa yang Anda tawarkan.
4. Sesuaikan inovasi bisnis Anda dengan perkembangan
teknologi
Dalam menciptakan sebuah inovasi, Anda
juga perlu menyesuaikannya dengan perkembangan teknologi yang sedang booming
saat ini. Hal ini penting agar bisnis Anda tidak ketinggalan jaman dan berani
bersaing dengan perusahaan lain. Untuk itu, lakukan riset secara rutin agar
Anda bisa memantau perkembangan teknologi yang sedang booming, dan manfaatkan
moment tersebut untuk menciptakan ide brilian guna menarik minat pelanggan.
Contohnya saja dengan mengadakan kompetisi SEO ataupun lomba desain website
yang sekarang ini digandrungi para blogger.
5. Lakukan inovasi untuk menciptakan
perubahan baru
Ciptakan sebuah perubahan untuk
memberikan manfaat baru bagi para pelanggan. Inovasi inilah yang mengantarkan
pendiri Google, Microsoft, Facebook, maupun Twitter, mencapai puncak
kesuksesannya. Melalui ide besar yang mereka ciptakan, kini inovasi yang
dihasilkan bisa memberikan kebermanfaatan bagi para konsumen dan berhasil
mengubah gaya hidup masyarakat menjadi lebih familiar terhadap perkembangan teknologi
dan informasi.
Keberanian pelaku usaha dalam
menciptakan sebuah inovasi, menjadi modal utama bagi mereka untuk mencapai
puncak kesuksesannya. Semoga inovasi bisnis online untuk memenangkan persaingan
ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula untuk
lebih kreatif dalam mengembangkan usahanya. Maju terus UKM Indonesia dan salam
sukses.
b.
Anak laki-laki menunjukkan kreatifitas
yang lebih besar dari pada anak perempuan?
Peneliti membuktikan bahwa pria lebih
baik ketika menggunakan otak kiri mereka dibandingkan wanita yang biasanya
memproses menggunakan dua bagian otak.
Pria memiliki kekuatan ketika
menggunakan otak bagian kiri dan mencari solusi masalah. Sementara wanita
cenderung menyelesaikan masalah secara kreatif. Terdapat salah satu bagian pada
otak yang dinamakan inferior-parietal lobule (IPL).
Pada pria, bagian ini lebih besar
dibandingkan wanita, terutama pada otak bagian kiri. Bagian ini berhubungan
dengan kemampuan matematika. Itulah sebabnya pria lebih jago dalam hal teknis
dan matematis dibandingkan wanita.
Sedangkan ukuran otak pria lebih besar daripada
wanita, sekitar 11 - 12 persen. Ini tak ada hubungannya dengan kecerdasan,
namun ini bisa menjelaskan adanya perbedaan ukuran tubuh pria dan wanita. Pria
membutuhkan otak yang lebih besar untuk mengontrol tubuh dan otot yang lebih
besar pula.
No comments:
Post a Comment